All for Joomla All for Webmasters

Calk 2014Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, kami atas nama Biro Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2014. Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011, Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Jawa Timur, serta berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2013 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2014 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2014 tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun Anggaran 2014. maka dengan ini Biro Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur menyampaikan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2014 berupa Laporan Keuangan Biro Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur.

Laporan Keuangan tersebut terdiri dari Laporan Realisasi APBD, Neraca, dan Catatan atas Laporan Keuangan. Sehubungan dengan Laporan Keuangan Biro Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur tahun 2014 ini, perlu kami kemukakan hal-hal sebagai berikut :

1. Laporan Realisasi APBD Tahun Anggaran 2014 memberikan informasi tentang realisasi pendapatan, dan belanja daerah.

2. Neraca, menyajikan informasi tentang posisi aset, kewajiban, dan ekuitas Biro Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur per 31 Desember 2014.

3. Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK), dimaksudkan agar pengguna laporan keuangan dapat memperoleh informasi tentang hal-hal yang termuat dalam laporan keuangan. Catatan atas Laporan Keuangan meliputi uraian tentang kebijakan fiskal, kebijakan akuntansi, dan penjelasan pos-pos laporan keuangan, daftar rincian atau nilai pos yang disajikan dalam Laporan Realisasi Anggaran, dan Neraca.

Laporan Keuangan Biro Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur secara operasional disusun berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 188/759/KPTS/013/2011 sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Gubernur Nomor 188/231/KPTS/013/2012. tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2012, dengan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) pada Lampiran II (SAP Berbasis Kas Menuju Akrual).

Biro Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur menyadari bahwa laporan keuangan tahun 2014 ini masih perlu disempurnakan dan perlu dikoreksi. Oleh sebab itu, kami mengharapkan tanggapan, saran, maupun kritik yang membangun dari para pengguna (stakeholders) laporan keuangan ini. Biro Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timurakan terus menerus berupaya untuk menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan yang tepat waktu dan akurat sehingga terwujud tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

DOWNLOAD